Pubertas

Gue agak geli denger kata-kata pubertas ni. Why? Bayangin deh, ketek lo yg dulunya wangi minyak kayu putih, tiba-tiba berubah jadi bau acem plus ada bulu yg gatelnya minta di garpu. Dulunya, temen laki sebangku lo yg masih make suara Spongebob, tiba-tiba berubah kaya suara om om di mall.

Kemarin gue masih sering mandi bareng abang gue, eh doi tiba-tiba gamau lagi mandi bareng gue, malu katanya. Heran, dia yang dulunya punya malu minus 7, tiba-tiba bilang malu mandi bareng gue.

Dulu, puber gue biasa aja sama remaja-remaja lain yg berkisar klas 6 SD. Eh, kayanya emang gue pubernya terlalu cepet, temen-temen yang masih imut-imut, beringus dan ga ngerti apa-apa, nah gue udah dapet menturasi aja.
Kemarin tuh pagi-pagi buta, perut gue rasanya lagi koreografi abis-abisan, sumpah sakit banget. Kaya di tusuk-tusuk jarum cekit cekit cekit cekiitt *iklan obat maag*. Nah, kebetulan gue yg masih polos ngerasa gue emang salah makan atau ada penyakit perut lainnya gitu. Waktu gue mau pipis, gue lihat ada bercak noda kemerah-merahan, gue kira ‘itu’ gue luka, ya udah gue cuekin sambil nahan sakit perut tuh. Pas mau pergi sekolah, gue merasa galau, lalu gue nyerakin barang-barang yang ada di meja, gue menjerit, duduk sambil nangis diantara barang-barang yang tadinya gue serakin. Ga lama stelah itu, nyokap gue dateng, marah, jewer telinga gue, trus nyuruh gue beresin semuanya. Akhirnya gue beresin dan nyesel knapa gue terlalu ngikuti galau-galau nya di video clip, pake nyerak-nyerakin barang segala. Setelah semuanya beres, gue mikir , napa sempak gue ada merah-merahnya padahal kemarin seharian gue dirumah aja nonton Tutur Tinular. Lalu dengan ragu gue ngadu sama nyokap. Keringet dingin mau bilangnya, gemeteran takut dimarah, sampai lutut gue ga bisa gerak, dan akhirnya gue ngesot.
“Ma, sempak aku berlampu, Ma”
“berlampu apa maksud kamu?”
“ituloh, lampunya itu kaya dilalu lintas yg artinya stop”
“apa sih, lampu merah?”
“iya Maa, merah”
“kamu dapet haid, ya?”

Setelah dapet mens beberapa bulan, gue udah anti banget yang namanya deket-deket sama anak cowo, takut hamil kalo sempet dia nyentuh gue. Gue makin galau tapi ga pake nyerak-nyerakin barang lagi, pas jam nya olahraga, mesti pake kaos yg ketat, gila gue malu banget, di ejekin sama anak-anak cowok yang sambil nunjuk-nunjuk kearah ‘itu’ gue.
Temen-temen waktu Smp puber nya parah abis, kisah percintaan udah kaya telenovela, suka sama kakak kelas, trus nembak pake surat cinta warna pink dikasi wangi-wangian, dan ditolak. Lalu karna merasa cintanya ga diterima dan merasa diinjek injek, dia nangis-nangis segala lagi, trus bilang gini “oke sekarang lo nolak gue, tapi lihat aja ntar, lo bakal ngejer-ngejer gue sampai bertekuk lutut!!!” tiba-tiba petir menggelegar keras di langit dan hujan turun begitu derasnya, temen gue itu langsung lari ketengah-tengah hujan deras gitu sambil membentangkan tangannya dan mengucap sumpah serapah sambil nangis. Disitu gue bingung, kenapa Alberto menolak cinta Mariana, padahal Romero adalah ayah dari Fernado dan Felicia de Santos adalah sekelasnya Patricia. Dari pada galau, gue langsung mesen tiket pesawat ke Mexico, buat nanya sama mereka langsung.
Kadang kalo nginget masa-masa puber itu lucu juga. Dulu make celana yang lagi ngetren pas di jaman Smp kelas 3, celana yg bagian paha nya ngetat, trus betis kebawah itu lebar abis. Celana ‘kampak’ sebutannya kemarin, gatau udah ganti atau belum namanya. Waktu gue make itu rasanya gue itu makluk tergaul sekabupaten. Waktu temen gue juga make clana gitu, gue yakin, dia juga ngerasa gaul, padahal dia gatau celana itu adalah hasil kerjasama antara pemilik konveksi pakaian sama pemerintah dinas kebersihan. Makin banyak yang make celana itu, makin bersihlah terlihat jalanan. Why? Satu langkah kaki kiri, udah nyapu nyalan setengah meter, gitu seterusnya. Bayangin aja, waktu make celana gitu, sepatu ga kelihatan karna ujung celana yang lebar dan jatuh sampe ketanah. Ya jelas aja celana itu jadinya nyapu jalanan. Mungkin celana itu ga ngehits lagi karna para ibu-ibu protes gatahan nyuci celana gitu yg abis dipake nemu bangke tikus sama bekas pembalut di ujung celananya.

Waktu puber itu dimana masa yang lagi labil-labil nya. Hidup ga konsisten, ucapan selalu ga tetap.
Contonya aja nih
“Mbak ice creamnya satu yah, eh dua aja deng”
“rasa apa, Mbak?”
“hmm, bagusnya rasa apa, Mbak?”
“rasa stoberi kalo nurut saya, Mbak”
“ya udah stroberi ajah, eh tapi gajadi deh, anggur aja rasanya lebih enak, hmm tapi kalo aku makan rasa anggur bosen itu mulu, ya udah rasa vanilla aja mbak tapi yang bebas lemak yah, soalnya susu kan kadar lemaknya tinggi, eh gajadi deh, takut gemuk akunya kalo kebanyakan makan berbahan susu, kalo gitu coklat aja deh kelihatannya enak, tapi apa iya aku ntar makan yang berbahan coklat gitu bisa gigi aku jadi kusam, ihh ga janji deh, hmm bingung deh, kalo gitu itu aja mbak air putih dibungkus pake sedotan, lebih sehat lagian yah”
...